Selasa, 09 Oktober 2012

KEGIATAN


KEORGANISASIAN
Disampaikan pada acara LKD PAC Fatayat NU Galis
Oleh : Achmad Syakiri, S.Ag MSi
  Pengertian
Organisasi berasal dari bahasa Yunani Organon atau dalam  bahasa Latin organum yang artinya alat, bagian atau anggota badan.
Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, dan sebagai bahan perbandingan akan disampaikan beberapa pendapat sebagai berikut :
1. Chester I. Barnard (1938) dalam bukunya “The Executive Functions” mengemukakan bahwa : “ Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih” (I define organization as a system of cooperatives of two morepersons).

  2. James D. Mooney mengatakan bahwa : “Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose” (Organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama).
3.  Menurut Dimock, organisasi adalah : “Organization is the systematic bringing together of interdependent part to form a unified whole through which authority, coordination and control may be exercised to achive a given purpose” (organisasi adalah perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan).
4. Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
5.  Menurut Kochler, organisasi adalah sistem hubungan yang terstruktur yang mengkoordinasikan usaha suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.
6. Organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab (Schein). Karakterisitik organisasi menurut Schein meliputi : memiliki struktur, tujuan, saling berhubungan satu bagian dengan bagian yang lain untuk mengkoordinasikan aktivitas di dalamnya.
7. Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masayarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya belum dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri. (James L. Gibson, 1986).
8. Menurut W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur.
Dengan demikian Organisasi adalah tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan) , sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi


Organisasi               Statis
Sebagai alat atau wadah yang berupa struktur/bagan organisasi, tempat berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuanya.
Organisasi               Dinamis
Sebagai fungsi manajemen, yaitu setiap kegiatan yang berhubungan dengan usaha merencanakan skema organis, mengadakan departemenisasi, menetapkan wewenang, tugas, dan tanggung jawab dari orang-orang di dalam suatu badan/organisasi. Sehingga memungkinkan orang-orang/anggota dapat berinteraksi dalam pelaksanaan tugas secara efektif dan efisien  untuk mencapai tujuan organisasi
Organisasi
                     Formal : yaitu  sistem kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dan dikoordinasikan secara sadar untuk mencapai tujuan tertentu    
                    Informal :  yaitu merupakan  kumpulan hubungan antara pribadi-pribadi tanpa tujuan bersama yang disadari. Meskipun pada akhirnya hubungan-hubungan tak disadari tersebut ternyata dilakukan untuk mencapai tujuan bersama.
Organisasi :
Bisnis
Non profit
Pemerintah
Swasta
  Unsur Organisasi
v  Sekumpulan orang
v  Hubungan kerja
v  Tujuan yang ingin dicapai
  Komponen Organisasi
§  Tujuan
Merupakan sesuatu yang akan di capai dalam rentang waktu tertentu, Tujuan berdasarkan rentang dan cakupanya dapat di bagi dalam beberapa karakteristik antara lain :
a.Tujuan Jangka panjang
b.Tujuan Jangka menengah dan
c.Tujuan Jangka pendek
  Struktur
Struktur Organisasi sangat penting untuk dapat dipahami oleh semua komponen dalam rangka menciptakan system kerja yang efektif dan efesien.

Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.
  Sistem
                Terbagi dalam komponen penyusun yang saling berikatan yaitu:
a. Input
b. Proses
c. Output
d. Feedback
Asas-asas/prinsip organisasi
a. Perumusan tujuan dengan jelas
b. Departemenisasi
c. Pembagian kerja
d. Koordinasi
e. Pelimpahan wewenang/dan tanggung jawab
f.  Rentang control
g. Jenjang organisasi
h.Persatuan perintah/komando
i.  Fleksibelitas
j.  Berkelangsunan
k. Keseimbangan
  TIPE ORGANISASI
v  Organisasi Lini (Garis)
                 Organisasi Lini adalah  bentuk organisasi di mana pimpinan  dipandang sebagai sumber wewenang tunggal. Garis komandonya kuat dan hanya satu, yaitu dari atas ke bawah. Dengan demikian segala keputusan kebijaksanaan dan tanggung jawab ada pada satu tangan. Bentuk ini biasanya dipakai untuk organisasi yang orang-orangnya sedikit sehingga tugas-tugas pekerjaan yang ada di dalamnya juga tidak terlampau kompleks.
v  Organisasi Lini dan Staf
                 Organisasi Lini dan Staf adalah organisasi di mana pimpinan dibantu oleh sekelompok staf, yang mempunyai wewenang fungsional memberikan bantuan pemikiran/saran-saran. Sedangkan wewenang komando tetap berada di tangan pimpinan atau kelompok lini, yang melaksanakan tugas-tugas pokok dalam organisasi dan yang berhak mengambil keputusan terakhir. Bentuk ini lebih sesuai untuk organisasi yang besar dengan kegiatan yang banyak dan kompleks dan melibatkan banyak orang.
v  Organisasi FungsionaL
                 Organisasi Fungsional adalah organisasi  di mana orang-orang digolongkan menurut fungsi atau pekerjaan yang mereka lakukan. Dalam bentuk organisasi fungsional bawahan mendapat perintah dari beberapa kepala bagian yang masing-masing ahli dalam bidangnya.
v  Organisasi Panitia
                 Organisasi Panitia adalah bentuk organisasi yang pimpinannya bersifat kolegial atau dewan, artinya terdiri dari beberapa orang. Segala keputusan diambil dan dipertanggung jawabkan secara bersama-sama.
  VISI dan MISI
VISI        : Gambaran masa depan suatu organisasi yang realistik , kredibel dan antraktif
MISI       : Langkah-langkah taktis yang harus dilakukan organisasi  demi tercapainya visi organisasi yang sudah ditentukan
Apa pentingnya organisasi..?
Mengapa harus jadi aktivis organisasi ?
Apa manfaat yang akan kita peroleh.
?
  Dengan berorganisasi dapat memanfaatkan waktu yang sia-sia
  Berorganisasi dapat memperbanyak dan memperluas jaringan.
  Bagi yang masih kuliah dengan aktif di organisasi, akan ada garansi kesuksesan disana. Ibarat sistem pertanaman tumpang sari.
  Organisasi juga bisa dijadikan sebagai sarana penunjang pencapaian cita-cita. Rocco Carzo Jr. mengatakan “…Orang2 berperan serta dalam organisasi untuk memenuhi beberapa tujuan pribadinya”. Disamping melaksanakan kewajibannya di organisasi.
  Dengan berorganisasi kalian akan punya kekuatan, tetapi bukan berarti menganjurkan untuk bermain keroyokan.
  Dengan berorganisasi kalian akan selangkah lebih maju dibandingkan lainya. Tidak perlu lagi beradaptasi disaat terjun kemasyarakat, karena sudah terbiasa di organisasi.
  Organisasi sebagai salah satu alternatif wadah untuk mencari jodoh......???????
Akhirnya....................
“lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara”(Ali Imran (3): 103)
“ Kebaikan yang tidak terorganisir dengan baik akan dikalahkan oleh kebathilan yang terorganisir”
Belajarlah dari orang-orang yang sukses. Karena sesungguhnya kesuksesan mereka sejatinya terlahir dari pengalamannya merasakan asam-garam berorganisasi..
“Jangan Anggap kalau kalian lemah, karena sesungguhnya kalian semua itu penting dan RUUAAAR BIAASAAAAA !!!!!”
Rise up your SPIRIT..!!!!
The and
Sekian dan terima kasih
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

0 komentar:

Posting Komentar

 

galery

waktu sholat

Sociality

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail