KEORGANISASIAN
Disampaikan pada acara LKD PAC Fatayat NU
Galis
Oleh : Achmad Syakiri, S.Ag MSi
Pengertian
Organisasi berasal dari bahasa Yunani Organon
atau dalam bahasa Latin organum yang artinya alat, bagian
atau anggota badan.
Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli,
tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, dan sebagai bahan
perbandingan akan disampaikan beberapa pendapat sebagai berikut :
1. Chester I. Barnard (1938) dalam bukunya “The Executive
Functions” mengemukakan bahwa : “ Organisasi adalah system kerjasama antara dua
orang atau lebih” (I define organization as a system of cooperatives of two
morepersons).
2. James D. Mooney mengatakan bahwa : “Organization is the form of every human association for the attainment of common purpose” (Organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama).
3. Menurut Dimock,
organisasi adalah : “Organization is the systematic bringing together of
interdependent part to form a unified whole through which authority,
coordination and control may be exercised to achive a given purpose”
(organisasi adalah perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang
saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat
melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang
telah ditentukan).
4. Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola
hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer
mengejar tujuan bersama.
5. Menurut Kochler,
organisasi adalah sistem hubungan yang terstruktur yang mengkoordinasikan usaha
suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.
6. Organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan
sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan
fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggungjawab (Schein). Karakterisitik
organisasi menurut Schein meliputi : memiliki struktur, tujuan, saling
berhubungan satu bagian dengan bagian yang lain untuk mengkoordinasikan
aktivitas di dalamnya.
7. Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masayarakat
dapat meraih hasil yang sebelumnya belum dapat dicapai oleh individu secara
sendiri-sendiri. (James L. Gibson, 1986).
8. Menurut W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa
Indonesia, organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian
(orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur.
Dengan demikian Organisasi adalah tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul,
bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin
dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode,
lingkungan) , sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan
secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi
Organisasi
Statis
Sebagai alat atau wadah yang berupa struktur/bagan
organisasi, tempat
berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, kemudian
mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuanya.
Organisasi
Dinamis
Sebagai fungsi manajemen, yaitu setiap kegiatan yang
berhubungan dengan usaha merencanakan skema organis, mengadakan
departemenisasi, menetapkan wewenang, tugas, dan tanggung jawab dari
orang-orang di dalam suatu badan/organisasi. Sehingga memungkinkan
orang-orang/anggota dapat berinteraksi dalam pelaksanaan tugas secara efektif
dan efisien untuk mencapai tujuan
organisasi
Organisasi
Formal : yaitu sistem kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau
lebih dan dikoordinasikan secara sadar untuk mencapai tujuan tertentu
Informal : yaitu merupakan
kumpulan hubungan antara pribadi-pribadi tanpa tujuan bersama yang disadari.
Meskipun pada akhirnya hubungan-hubungan tak disadari tersebut ternyata
dilakukan untuk mencapai tujuan bersama.
Organisasi :
Bisnis
Non profit
Pemerintah
Swasta
Unsur Organisasi
v Sekumpulan
orang
v Hubungan
kerja
v Tujuan
yang ingin dicapai
Komponen Organisasi
§ Tujuan
Merupakan sesuatu yang akan di capai dalam rentang waktu
tertentu, Tujuan berdasarkan rentang dan cakupanya dapat di bagi dalam beberapa
karakteristik antara lain :
a.Tujuan Jangka panjang
b.Tujuan Jangka menengah dan
c.Tujuan Jangka pendek
Struktur
Struktur Organisasi sangat penting untuk dapat dipahami oleh
semua komponen dalam rangka menciptakan system kerja yang efektif dan efesien.
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.
Sistem
Terbagi
dalam komponen penyusun yang saling berikatan yaitu:
a. Input
b. Proses
c. Output
d. Feedback
Asas-asas/prinsip organisasi
a. Perumusan tujuan dengan jelas
b. Departemenisasi
c. Pembagian kerja
d. Koordinasi
e. Pelimpahan wewenang/dan tanggung jawab
f. Rentang control
g. Jenjang organisasi
h.Persatuan perintah/komando
i. Fleksibelitas
j. Berkelangsunan
k. Keseimbangan
a. Perumusan tujuan dengan jelas
b. Departemenisasi
c. Pembagian kerja
d. Koordinasi
e. Pelimpahan wewenang/dan tanggung jawab
f. Rentang control
g. Jenjang organisasi
h.Persatuan perintah/komando
i. Fleksibelitas
j. Berkelangsunan
k. Keseimbangan
TIPE ORGANISASI
v Organisasi Lini (Garis)
Organisasi Lini adalah bentuk organisasi
di mana pimpinan dipandang sebagai sumber wewenang tunggal. Garis
komandonya kuat dan hanya satu, yaitu dari atas ke bawah. Dengan demikian
segala keputusan kebijaksanaan dan tanggung jawab ada pada satu tangan. Bentuk
ini biasanya dipakai untuk organisasi yang orang-orangnya sedikit sehingga
tugas-tugas pekerjaan yang ada di dalamnya juga tidak terlampau kompleks.
v Organisasi Lini dan Staf
Organisasi Lini dan Staf adalah organisasi di
mana pimpinan dibantu oleh sekelompok staf, yang mempunyai wewenang fungsional
memberikan bantuan pemikiran/saran-saran. Sedangkan wewenang komando tetap
berada di tangan pimpinan atau kelompok lini, yang melaksanakan tugas-tugas
pokok dalam organisasi dan yang berhak mengambil keputusan terakhir. Bentuk ini
lebih sesuai untuk organisasi yang besar dengan kegiatan yang banyak dan
kompleks dan melibatkan banyak orang.
v Organisasi FungsionaL
Organisasi Fungsional adalah organisasi
di mana orang-orang digolongkan menurut fungsi atau pekerjaan yang mereka
lakukan. Dalam bentuk organisasi fungsional bawahan mendapat perintah dari
beberapa kepala bagian yang masing-masing ahli dalam bidangnya.
v Organisasi Panitia
Organisasi Panitia adalah bentuk organisasi
yang pimpinannya bersifat kolegial atau dewan, artinya terdiri
dari beberapa orang. Segala keputusan diambil dan dipertanggung jawabkan secara
bersama-sama.
VISI dan MISI
VISI : Gambaran
masa depan suatu organisasi yang realistik , kredibel dan antraktif
MISI :
Langkah-langkah taktis yang harus dilakukan organisasi demi tercapainya visi organisasi yang sudah
ditentukan
Apa pentingnya organisasi..?
Mengapa harus jadi aktivis organisasi ?
Apa manfaat yang akan kita peroleh.?
Mengapa harus jadi aktivis organisasi ?
Apa manfaat yang akan kita peroleh.?
Dengan berorganisasi dapat
memanfaatkan waktu yang sia-sia
Berorganisasi dapat memperbanyak dan
memperluas jaringan.
Bagi
yang masih kuliah dengan aktif di organisasi, akan ada
garansi kesuksesan disana. Ibarat sistem pertanaman tumpang sari.
Organisasi juga bisa dijadikan
sebagai sarana penunjang pencapaian cita-cita. Rocco Carzo Jr. mengatakan “…Orang2
berperan serta dalam organisasi untuk memenuhi beberapa tujuan pribadinya”.
Disamping melaksanakan kewajibannya di organisasi.
Dengan berorganisasi kalian akan
punya kekuatan, tetapi bukan berarti menganjurkan untuk bermain keroyokan.
Dengan berorganisasi kalian akan
selangkah lebih maju dibandingkan lainya. Tidak perlu lagi beradaptasi disaat
terjun kemasyarakat, karena sudah terbiasa di organisasi.
Organisasi
sebagai salah satu alternatif wadah untuk mencari jodoh......???????
Akhirnya....................
“lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga
dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara”(Ali Imran (3): 103)
“ Kebaikan yang
tidak terorganisir dengan baik akan dikalahkan oleh kebathilan yang
terorganisir”
Belajarlah dari orang-orang yang sukses. Karena
sesungguhnya kesuksesan mereka sejatinya terlahir dari pengalamannya merasakan
asam-garam berorganisasi..
“Jangan Anggap kalau kalian lemah,
karena sesungguhnya kalian semua itu penting dan RUUAAAR BIAASAAAAA !!!!!”
Rise up your
SPIRIT..!!!!
The and
Sekian dan terima kasih
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
0 komentar:
Posting Komentar